Manis Pahitnya Kehidupan

“ketika seseorang ingin berubah”

Ada Sedikit Kisi-Kisi buat Tes Kerja Nih!!! February 23, 2009

Filed under: Friends,Motivations — lucky @ 08:55

Berdasarkan hasil obrolanku dengan salah satu seniorku di kampus. Awalnya membahas bagaimana menghadapi tes dalam usaha melamar pekerjaan, ya lumayan simple tapi memang sedikit repot. Tes pertama yang biasanya diadakan oleh perusahaan-perusahaan dalam menyeleksi karyawannya yaitu psikotest. Yup semua orang pasti pernah melakukan psikotest karena akhir-akhir ini psikotest ga hanya digunakan dalam proses rekruitasi karyawan tetapi biasa juga digunakan dalam moment yang lainnya.

Tapi ini khusus buat melamar pekerjaan ada beberapa kisi-kisi yang diberitahukan oleh senior saya yang mungkin telah banyak memakan asam garam kehidupan. Kira-kira kisi-kisi yang diberikan untuk menghadapi psikotest ini gini nih kuncinya :

1. Jangan bergadang malam harinya, jangan terlalu Capek

2. Pada saat ngerjain lucky kerjakan yang paling mudah, lau yang sedang dan paling susah

3. Jangan terpengaruh dengan kondisi sekitar..fokus aja pada diri sendiri.anggap diruangan itu cuan kita sendiri..jangan terpengaruh kalau yang lain kerjanya cepat

4. Kalau mengerjakan Hitungan Koran, enggak perlu banyak tapi konsisten..artinya konsisiten setiap waktu

5. Kalau menggambar Orang: gambar diri sendir dengan cita-cita kita

6. Kalau menggambar 8 kotak, usahakan Kotaknya penuh dan penuh makna yang besar

7. Kalau menggambar Pohon : lengkap semua unsur pohon

Intinya, kondisi saat kita akan mengikuti psikotest itu kita harus dalam kondisi yang

Itu buat psikotest, ada lagi kisi-kisi buat tes selanjutnya yang biasanya menjadi salahsatu agenda test nya, FGD (Focus Group Discussion), nah tes ini yang biasanya melengkapi psikotest yang sudah kita lakukan. Mo tau apa aja kisi-kisinya, ini nih :

1. jangan Ngotot menentang Pendapat orang…

2. jangan juga ngotot dengan lpendapat sendiri.

3. Lebih aktif dalam memberi pendapat, tetapi setiap pendapat kita kalau bisa berbobot…

4. Kalau memutuskan untuk menjadi moderator…kita harus siap Netral dan mendengar semua pendapat peserta..dan bisa mengambil kesimpulan

5. Perkataan paling enak begini: “Itu Ide yang bagus Pa/Bu, tetapi menurut saya bagaimana jika ditambah perihal….atau diperhatikan hal…

6. Gunakan alat tulis..pura-pra nulis..tapi jangan terlalu banyak nulis

Nah itu dia sedikit hal untuk menghadapi FGD test, selanjutnya tahap yang mendekati final dan kadang-kadang ini disertai dengan berbagai macam orang yang menjadi penanya dalam wawancara.  Sedikit kisi-kisinya kayak gini ni :

1. Berpakaian Rapi

2. Usahakan pada saat wawancara lebih banyak senyum

3. cara duduk juga diatur, kalau bisa jangan bungkuk..dan tangannya jangan bersandar di Meja..letakkan aja tangan diatas kaki

4. Pada saat wawancara coba dengarkan pertanyaannya bener-bener, lalu jawab aja dengan percaya diri..lebih sedikit tetapi berbobot itu lebih baguus…kecuali diminta menceritakan tentang diri sendiri

5. Pertanyaan paling sering adalah Kelemahan dan kelebihan

kalau kelemahan : jangan ceritakan kelemahan yang terlalu negatif atau yang bisa menggangu pekerjaan sperti : Bosenan, kurang gaul, mudah emosi, dan cuek, suka makan, ….tapi contoh : Saya orangnya agak pelupa nah untuk itu solusinya saya selalu membawa note book, saya orangnya sering capek untuk itu saya selalu sering minum vitamin dan mengatur waktu, saya kurang pintar mengatur waktu untuk itu saya selalu membawa agenda.

kala di tanya kelebihan : sampaikan kalau kelebihan itu bisa membantu pekerjaan kita nantinya

6. kalau mereka menggunakan B.inggris..kalau enggak terlalu yakin..kita katakan kalau b.inggris kurang bagus tapi kita wajib tetap menggunakan b.inggris supaya merka menilai kita mau mencoba…dan mau belajar.

Nah yang terpenting ada 2 hal :

1. Kalau ditanya ada pertanyaan, bertanya lah hal yang bobot contoh bagaimana perkembangan perusahaan ini kedepannya..apa yang biasa dilakukan Perusahaan untuk meningkatkan performance SDM…apa habit dari perusahaan ini supaya bisa beradptasi.,dll

2. Usahakan si Pewancara Nyaman berbicara dengan kita..ya kalau di bisa tertawa dan senyum tanpa dibuat-buat..75 % kita udah lolos

Wah itu tuh petuah-petuah yang diajarkan senior saya kepada saya, belum sempet dipraktekin sih tapi mudah-mudahan banyak waktu untuk mempraktekkannya. Semoga dengan teori-teori yang diberikan senior saya tersebut dapat membantu kita semua.



.

Advertisements
 

Tak Ada Artinya Usaha Tanpa Doa February 22, 2009

Filed under: Cerita Ajah...,Motivations,My Stories — lucky @ 13:02
Tags:

Sebentar saja aku terkesiap tatkala teman-temanku menanyakan mengenai masalah yang tengah kuhadapi saat ini. Beberapa pertanyaan muncul dengan santainya dari bibir mungil sahabatku ini. Kira-kira pertanyaan yang diajukan memang cukup simple dan tanpa perlu lama berfikir untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Simple tapi cukup menohok hatiku tatkala mendengarkan secara khidmat pertanyaan tersebut. Apakah usaha yang kamu lakukan untuk menyelesaikan permasalahanmu sudah maksimal? Itu pertanyaan pertama yang diajukan.

Pertanyaan kedua yang juga menjadi pertanyaan yang simple yaitu apakah kamu melakukan shalat tahajud di sepertiga malam? Itu pertanyaan keduanya. Dan yang terakhir adalah pertanyaan seberapa sering kamu melakukan shadaqoh terhadap fakir miskin? Cukup tiga buah pertanyaan yang simple diucapkan tetapi justru disitulah jawaban dari permasalahan-permasalahan yang selama ini kita hadapi.

Seperti tercantum dalam judul bahwa “tak ada artinya usaha tanpa doa”, jadi walaupun kita mati-matian kita berusaha melakukan usaha untuk menyelesaikan masalah yang terjadi pada hidup kita apabila tidak disertai dengan doa dan pintanya kepada Sang Khalik niscaya kita tak akan pernah menyelesaikan masalah yang kita hadapi.

Itu yang paling berkesan dari obrolanku dengan salah satu temanku mengingat dengan adanya obrolan kali ini aku tersadar akan suatu hal yang mungkin terlupakan selama ini, hal yang cukup simple tetapi ternyata memiliki andil dan pengaruh yang cukup besar dalam penyelesaian masalah yang tengah dihadapi.

 

Saturday Night with FASTgroup January 24, 2009

Setelah sekian lama direncanakan dan setelah berkali-kali dibatalkan mengingat adanya berbagai alasan yang menghalangi. Akhirnya bisa juga acara ini diadakan dengan ataupun tidak lengkapnya seluruh anggota FASTgruop. Ya walaupun tujuan pembentukan grup ini sudah tidak aktif dalam mengelola bisnisnya tetapi jalinan silaturahmi anggota FASTgroup ini kental sekali dengan aroma persahabatan.

Rencana yang telah disusun dengan rapi kadang kalah dengan keinginan sesaat yang terlintas. Itu yang terjadi, karena waktu kumpul pada hari ini berdasarkan keinginan antar beberapa anak yang memiliki inisiatif berkumpul. Alhasil tanpa perencanaan yang cukup matang hanya dengan bermodalkan sms yang menuliskan undangan acara tersebut berhasil dilaksanakan. Walaupun tak semua anggota dapat hadir tak mengurangi rasa persahabatan kami, karena kami tetap mensuport teman-teman kami yang berhalangan hadir dengan menghubungi lewat media telekomunikasi sehingga mereka yang tidak hadir tetap merasakan persahabatan dalam diri mereka.

Sabtu malam kami jadikan sebagai hari pertemuan mengingat hari ini paling fleksibel dimana yang udah bekerja dan kuliah mendapatkan libur sehingga kemungkinan seluruh anggota kumpul lebih banyak. Malam itu yang datang lebih dari sekitar 50%, lumayan kami bisa kumpul-kumpul dan meng-update informasi yang belum kami tahu satu sama lain. Sungguh menyenangkan berbagi pengalaman dengan sahabat karena pengalaman itu nantinya bisa kita jadikan sebagai bahan pelajaran bagi kita kelak.

Tertawa banyak dilakukan pada saat membicarakan topik yang memalukan di waktu-waktu yang lampau. Senyuman selalu menghiasi bibir ketika salah seorang dari kita melakukan hal bodoh, serunya saat-saat yang memang jarang sekali ditemui pada waktu-waktu biasa ketika kita semua menjalani kehidupan rutin dengan berbagai kegiatan. Senyuman dan canda tawa khas yang menghilangkan sejenak permasalahan dan problematika yang tengah dihadapi.

Sungguh pertemuan yang menyenangkan dengan bumbu persahabatan yang sangat indah dirangkai dalam suatu wadah FASTgruop. Bisnis awal yang melatarbelakangi pembentukan group ini seolah merangkai suatu keindahan persahabatan yang tak terkira bandingannya dengan mengesampingkan ego terhadap bisnis yang dilakukan tiap personal anggotanya. Persahabatan akan tetap indah walaupun tanpa embel-embel bisnis, walaupun belum dapa mengembangkan bisnis secara bersama tetapi kebersamaan dalam ikatan persahabatan lebih indah dari segalanya. Semoga persahabatan kita akan selalu terjalin indah dan selalu diridhai Allah SWT. amin

 

Bimbang December 21, 2008

Filed under: Motivations — lucky @ 08:57

Kadang perasaan itu muncul tanpa mengenal waktu sekaligus tanpa kita sadari.  Muncul dalam hati seiring dengan permasalahan yang menyertai kita dalam menjalani perjalanan hidup ini. Apabila telah muncul perasaan “bimbang” itu, mau tak mau kita harus mengambil keputusan dalam menyelesaikan kebimbangan yang bekecamuk dalam hati kita terhadap masalah tersebut. Hanya ada dua pilihan “YA” atau “TIDAK”, “KANAN” atau “KIRI”, “BENAR” atau “SALAH”. Ya itu yang paling biasa harus kita tentukan dari kebimbangan yang tengah kita rasakan.

Perasaan yang mungkin akan menyebabkan kita merasa bersalah akibat dari pilihan yang kita tentukan adalah tidak tepat. Memang menyesal selalu datang di akhir cerita, jika ada di awal mungkin tidak akan ada istilah menyesal. Bagaimana agar dalam kebimbangan kita tidak menentukan pilihan yang tidak tepat. Itu pertanyaan yang sering kali muncul apabila kita berada dalam kondisi bimbang dan semua orang pasti pernah mengalaminya tanpa terkecuali.

Kebimbangan dapat kita minimalisir dengan cara melakukan diskusi dengan Allah SWT, istikharah istilah umumnya. Karena hanya Allah-lah yang mengetahui segalanya dan hanya pada-Nya lah kita meminta diberikan kemudahan dalam mengambil keputusan agar terhindar dari kebimbangan. Bertanyalah, memintalah, dan bersujudlah kepada-Nya agar kita diberikan jalan yang terbaik dari kebimbangan yang kita rasakan.

“Sesungguhnya hanya Allah SWT lah yang Maha Mengetahui dan Maha Berkehendak atas apa yang akan terjadi pada diri kita”

 

Dalam Sebuah Renungan… August 23, 2008

Filed under: Motivations,Renungan — lucky @ 11:42
Tags: , ,

Aku menatap langit sore yang diselimuti awan putih. Terlihat beberapa ekor burung yang tengah menikmati hidupnya berkeliling melawan derasnya angin. Kurasakan kebebasan yang menyelimuti burung-burung itu kemudia terlintas tanya dalam benakku.

“Hai burung-burung mungil, bagaimanakah kehidupanmu di atas sana? Apa saja yang kau lakukan sepanjang hidupmu? Dan bagaimanakah caramu berterimakasih kepada Tuhanmu yang telah memberikan kebebasan pada hidupmu?”

Sebuah tanya tanpa jawab yang kuperoleh seiring dengan berlalunya burung-burung itu.

Pandanganku kemudian beralih pada orang-orang yang berlalu lalang dari arah kanan dan kiriku. Seakan membawa pikiranku kepada dua malaikat yang selalu menyertaiku di samping kanan dan kiriku. Pikiranku menerawang jauh pada hidup yang selama ini kujalani. Muncul pertanyaan dalam hatiku ketika teringat pada makhluk Allah SWT yang selalu berada di samping kiriku.

“Wahai malaikat yang senantiasa mencatat segala amal buruk perbuatanku, apakah engkau telah lelah menulis karena terlalu banyak dosa dan kesalahan yang kuperbuat selama ini? Apakah lembaran-lemabaran dosa ini sudah teramat penuh sehingga engkau memerlukan berpuluh-puluh, beratus-ratus bahkan berjuta-juta lembar lagi untuk menuliskan dosa-dosaku?”

Air mataku jatuh bagaikan air sungai deras menerpa pipiku mengingat banyak sekali dosa dan kesalahan yang telah kuperbuat.

Ketika aku menolehkan pandanganku ke arah kanan, tangisku seakan tak terhindarkan dari ingatan hidupku yang memunculkan tanya pada malaikat yang selalu berada di samping kananku.

“Wahai malaikat yang selalu mencatat amal perbuatan baikku. Apakah pena yang kau gunakan untuk menulis sekarang telah menjadi macet karena jarang sekali kau gunakan dalam menulis amal perbuatan baikku? Apakah lembaran-lembaran kebaikanku ini masih berupa halaman kosong yang belum tersentuh penamu karena jarang sekali aku melakukan kebaikan selama hidupku?”

Aku hanya bisa terdiam dalam tangis panjang. Aku sangat berharap tangisku akan memberikanku kekuatan untuk senantiasa meninggalkan dosa-dosa yang kuperbuat serta menyadarkanku untuk selalu menambah amal ibadahku kepada Allah SWT.

Aku berlari, berlari jauh menuju sebuah tempat persembunyian, sebuah tempat yang hanya ada aku dan Tuhanku. Kubenamkan diriku dalam sujud-sujud panjangku kepada-Nya. Seraya mengucapkan permohonan tulus dari hati seorang manusia yang merasa sangat kecil dimata Tuhannya.

“Ya Allah SWT… Aku tahu dan aku sangat paham bahwa hidup dan matiku itu semua terjadi atas kehendak-Mu. Namum mengapa aku selalu saja melupakan hal tersebut? Mengapa aku selalu saja menomor duakan diri-Mu dari kehidupanku di dunia yang tidak kekal ini? Maafkan aku Ya Allah karena aku selalu tergoda pada nikmat dunia yang hanya sementara Kau titipkan kepadaku. Kembalikanlah aku Ya Allah, kembalikan aku pada jalan-Mu, pada jalan yang membawaku pada surga-Mu yang indah…”
“Ya Allah SWT… Aku tahu bahwa Engkau telah dengan ikhlas mengabulkan setiap doa yang kupanjatkan dimanapun aku menginginkannya. Tetapi mengapa aku selalu lupa untuk sekedar mengucapkan rasa terimakasihku kepada-Mu? Maafkan aku Ya Allah, maafkan aku karena terlalu angkuh untuk menyadari semua kebesaran-Mu. Berikan aku hidayah-Mu agar aku dapat senantiasa selalu bersyukur atas semua nikmat yang Engkau berikan selama ini…”

Dengan mata yang penuh dengan genangan air mata, kututup renunganku dengan sebuah ucapan Amin Yaa Rabbal ‘Alamin”

 

Kabar yang Membuatku “Bergerak” June 24, 2008

Filed under: Cuap-Cuap Lucky,Kampus,Motivations,My Stories — lucky @ 08:14
Tags: , , ,

Wah minggu ini minggu yang benar-benar membahagiakan. Pertama-tama ketika aku melihat salah satu comment yang diberikan oleh salah satu sahabatku di friendster yang isinya kurang lebih memberitahuku tentang kabar baik :

“ky…
mmm..mmm..mmm..mmm..
hehehehehehehehehe
hahahahahahaahaha

aku senang..aku senang..aku senang..

aku udah LULUS ky.. 🙂
yeee…..
ksi slmt donk padaku :)”

Itu isi comment-nya, wah betapa senangnya diriku mendapatkan kabar bahagia tersebut tanpa pikir panjang aku langsung membalas comment kepada sahabatku itu dengan ucapan selamat…

Setelah beberapa hari berlalu, pagi-pagi sekali sekitar pukul 07.00, ada SMS dari sahabatku yang satu lagi memberitahukan kabar gembira berikutnya, kira-kira gini isi SMS nya :

“Lucky!

Aku udah lulus loh.

Senangnya, senangnya..

Makasih ya udah didoain..”

Waduh, tanpa pikir panjang langsung aku bales SMS dari sahabatku itu dengan ucapan selamat dan semoga mendapatkan yang terbaik setelah ia lulus.

Kabar-kabar bahagia itu sungguh-sungguh membuatku amat sangat senang dan ingin segera menyelesaikan kuliahku ini. Semua berita dan kabar baik itu benar-benar menjadi motivasi agar aku segera menyelesaikan kuliah di kampusku ini dengan “bergerak” menyelesaikan Tugas Akhir.

 

Berbahagialah… June 13, 2008

Filed under: Motivations — lucky @ 12:18
Tags: ,

Ini kata-kata yang sempet aku ringkas dari salah satu buku yang diberikan waktu ada acara tuker kado di organisasi kampus. Kata-kata ini bikin aku termotivasi agar aku ga bersedih, maklum judul dari buku yang aku dapet itu “Berbahagialah”. Sekedar pengen bagi-bagi ilmu aja dengan ngasih kata-kata yang ada di buku itu yang mungkin bisa bikin teman-teman yang sedang sedih hilang rasa sedihnya (^_^)

 

“Kebahagiaan yang hakiki sebenarnya terletak pada iman yang konsisten kepada Allah SWT. Orang yang memilikinya akan bahagia sepanjang hayat bahkan hingga di akhirat kelak”

 

“Jangan menjauh dari lingkunganmu karena kesendirian merupakan kerugian”

 

“Banyak orang mengatakan bahwa membantu orang lain merupakan obat paling mujarab untuk menggalau kesedihan”

 

“Jangan merasa gagal dan putus asa jika dirimu belum berhasil menyelesaikan suatu pekerjaan. Ketahuilah bahwa sesungguhnya sebuah pekerjaan besar tidak akan selesai dengan mudah”

 

“Yang lalu telah hilang dan yang mendatang belum terwujud. Harimu adalah yang sedang kau jalani sekarang”