Manis Pahitnya Kehidupan

“ketika seseorang ingin berubah”

Ada Sedikit Kisi-Kisi buat Tes Kerja Nih!!! February 23, 2009

Filed under: Friends,Motivations — lucky @ 08:55

Berdasarkan hasil obrolanku dengan salah satu seniorku di kampus. Awalnya membahas bagaimana menghadapi tes dalam usaha melamar pekerjaan, ya lumayan simple tapi memang sedikit repot. Tes pertama yang biasanya diadakan oleh perusahaan-perusahaan dalam menyeleksi karyawannya yaitu psikotest. Yup semua orang pasti pernah melakukan psikotest karena akhir-akhir ini psikotest ga hanya digunakan dalam proses rekruitasi karyawan tetapi biasa juga digunakan dalam moment yang lainnya.

Tapi ini khusus buat melamar pekerjaan ada beberapa kisi-kisi yang diberitahukan oleh senior saya yang mungkin telah banyak memakan asam garam kehidupan. Kira-kira kisi-kisi yang diberikan untuk menghadapi psikotest ini gini nih kuncinya :

1. Jangan bergadang malam harinya, jangan terlalu Capek

2. Pada saat ngerjain lucky kerjakan yang paling mudah, lau yang sedang dan paling susah

3. Jangan terpengaruh dengan kondisi sekitar..fokus aja pada diri sendiri.anggap diruangan itu cuan kita sendiri..jangan terpengaruh kalau yang lain kerjanya cepat

4. Kalau mengerjakan Hitungan Koran, enggak perlu banyak tapi konsisten..artinya konsisiten setiap waktu

5. Kalau menggambar Orang: gambar diri sendir dengan cita-cita kita

6. Kalau menggambar 8 kotak, usahakan Kotaknya penuh dan penuh makna yang besar

7. Kalau menggambar Pohon : lengkap semua unsur pohon

Intinya, kondisi saat kita akan mengikuti psikotest itu kita harus dalam kondisi yang

Itu buat psikotest, ada lagi kisi-kisi buat tes selanjutnya yang biasanya menjadi salahsatu agenda test nya, FGD (Focus Group Discussion), nah tes ini yang biasanya melengkapi psikotest yang sudah kita lakukan. Mo tau apa aja kisi-kisinya, ini nih :

1. jangan Ngotot menentang Pendapat orang…

2. jangan juga ngotot dengan lpendapat sendiri.

3. Lebih aktif dalam memberi pendapat, tetapi setiap pendapat kita kalau bisa berbobot…

4. Kalau memutuskan untuk menjadi moderator…kita harus siap Netral dan mendengar semua pendapat peserta..dan bisa mengambil kesimpulan

5. Perkataan paling enak begini: “Itu Ide yang bagus Pa/Bu, tetapi menurut saya bagaimana jika ditambah perihal….atau diperhatikan hal…

6. Gunakan alat tulis..pura-pra nulis..tapi jangan terlalu banyak nulis

Nah itu dia sedikit hal untuk menghadapi FGD test, selanjutnya tahap yang mendekati final dan kadang-kadang ini disertai dengan berbagai macam orang yang menjadi penanya dalam wawancara.  Sedikit kisi-kisinya kayak gini ni :

1. Berpakaian Rapi

2. Usahakan pada saat wawancara lebih banyak senyum

3. cara duduk juga diatur, kalau bisa jangan bungkuk..dan tangannya jangan bersandar di Meja..letakkan aja tangan diatas kaki

4. Pada saat wawancara coba dengarkan pertanyaannya bener-bener, lalu jawab aja dengan percaya diri..lebih sedikit tetapi berbobot itu lebih baguus…kecuali diminta menceritakan tentang diri sendiri

5. Pertanyaan paling sering adalah Kelemahan dan kelebihan

kalau kelemahan : jangan ceritakan kelemahan yang terlalu negatif atau yang bisa menggangu pekerjaan sperti : Bosenan, kurang gaul, mudah emosi, dan cuek, suka makan, ….tapi contoh : Saya orangnya agak pelupa nah untuk itu solusinya saya selalu membawa note book, saya orangnya sering capek untuk itu saya selalu sering minum vitamin dan mengatur waktu, saya kurang pintar mengatur waktu untuk itu saya selalu membawa agenda.

kala di tanya kelebihan : sampaikan kalau kelebihan itu bisa membantu pekerjaan kita nantinya

6. kalau mereka menggunakan B.inggris..kalau enggak terlalu yakin..kita katakan kalau b.inggris kurang bagus tapi kita wajib tetap menggunakan b.inggris supaya merka menilai kita mau mencoba…dan mau belajar.

Nah yang terpenting ada 2 hal :

1. Kalau ditanya ada pertanyaan, bertanya lah hal yang bobot contoh bagaimana perkembangan perusahaan ini kedepannya..apa yang biasa dilakukan Perusahaan untuk meningkatkan performance SDM…apa habit dari perusahaan ini supaya bisa beradptasi.,dll

2. Usahakan si Pewancara Nyaman berbicara dengan kita..ya kalau di bisa tertawa dan senyum tanpa dibuat-buat..75 % kita udah lolos

Wah itu tuh petuah-petuah yang diajarkan senior saya kepada saya, belum sempet dipraktekin sih tapi mudah-mudahan banyak waktu untuk mempraktekkannya. Semoga dengan teori-teori yang diberikan senior saya tersebut dapat membantu kita semua.



.

 

Saturday Night with FASTgroup January 24, 2009

Setelah sekian lama direncanakan dan setelah berkali-kali dibatalkan mengingat adanya berbagai alasan yang menghalangi. Akhirnya bisa juga acara ini diadakan dengan ataupun tidak lengkapnya seluruh anggota FASTgruop. Ya walaupun tujuan pembentukan grup ini sudah tidak aktif dalam mengelola bisnisnya tetapi jalinan silaturahmi anggota FASTgroup ini kental sekali dengan aroma persahabatan.

Rencana yang telah disusun dengan rapi kadang kalah dengan keinginan sesaat yang terlintas. Itu yang terjadi, karena waktu kumpul pada hari ini berdasarkan keinginan antar beberapa anak yang memiliki inisiatif berkumpul. Alhasil tanpa perencanaan yang cukup matang hanya dengan bermodalkan sms yang menuliskan undangan acara tersebut berhasil dilaksanakan. Walaupun tak semua anggota dapat hadir tak mengurangi rasa persahabatan kami, karena kami tetap mensuport teman-teman kami yang berhalangan hadir dengan menghubungi lewat media telekomunikasi sehingga mereka yang tidak hadir tetap merasakan persahabatan dalam diri mereka.

Sabtu malam kami jadikan sebagai hari pertemuan mengingat hari ini paling fleksibel dimana yang udah bekerja dan kuliah mendapatkan libur sehingga kemungkinan seluruh anggota kumpul lebih banyak. Malam itu yang datang lebih dari sekitar 50%, lumayan kami bisa kumpul-kumpul dan meng-update informasi yang belum kami tahu satu sama lain. Sungguh menyenangkan berbagi pengalaman dengan sahabat karena pengalaman itu nantinya bisa kita jadikan sebagai bahan pelajaran bagi kita kelak.

Tertawa banyak dilakukan pada saat membicarakan topik yang memalukan di waktu-waktu yang lampau. Senyuman selalu menghiasi bibir ketika salah seorang dari kita melakukan hal bodoh, serunya saat-saat yang memang jarang sekali ditemui pada waktu-waktu biasa ketika kita semua menjalani kehidupan rutin dengan berbagai kegiatan. Senyuman dan canda tawa khas yang menghilangkan sejenak permasalahan dan problematika yang tengah dihadapi.

Sungguh pertemuan yang menyenangkan dengan bumbu persahabatan yang sangat indah dirangkai dalam suatu wadah FASTgruop. Bisnis awal yang melatarbelakangi pembentukan group ini seolah merangkai suatu keindahan persahabatan yang tak terkira bandingannya dengan mengesampingkan ego terhadap bisnis yang dilakukan tiap personal anggotanya. Persahabatan akan tetap indah walaupun tanpa embel-embel bisnis, walaupun belum dapa mengembangkan bisnis secara bersama tetapi kebersamaan dalam ikatan persahabatan lebih indah dari segalanya. Semoga persahabatan kita akan selalu terjalin indah dan selalu diridhai Allah SWT. amin

 

Wah Tambah Lagi yang Lulus,,, June 26, 2008

Filed under: Friends,My Stories — lucky @ 15:59
Tags: ,

Minggu kemarin memang dua sahabatku memberitahuku bahwa mereka-mereka telah menyelesaikan kuliahnya. Ternyata minggu ini bertambah lagi satu sahabatku yang telah menyelesaikan kuliahnya. Walaupun aku tidak diberitahu langsung oleh sahabatku itu (maklum lah sahabat waktu SD jadinya udah jarang banget contact ma beliau). Aku malah dapet kabar dari teman satu kuliahnya yang juga ternyata teman waktu SMP, awalnya dia hendakmenanyakan kabar sahabatku itu. Eh, aku malah balik dikasih kabar kalau sahabatku itu ternyata sudah lulus. Sampai sekarang belum sempet kasih selamat niy soalnya belum sempet contact dia (ciee.. sok sibuk banget yah?).

Berarti ketiga sahabat terdekatku semuanya sudah lulus, dari mulai sahabat SD-ku kemudian sahabat SMP-ku hingga sahabat SMA-ku ketiga-tiganya sudah lulus. Berarti yang tersisa hanya aku,,hiks,,hiks,, Walaupun begitu aku tetap semangat kok, jalan setiap orang itu beda-beda sama halnya dengan tingkat kesuksesan yang dicapai setiap orang itu tidak selalu sama. Semua itu sudah ada yang mengatur dan janganlah berfikiran bahwa kalau kita tidak bisa mencapai cita-cita yang telah kita rencanakan maka kita sudah gagal. Itu pikiran yang amat sangat salah, karena Allah SWT selalu memberikan yang terbaik bagi kita. Bisa saja kan dibalik kegagalan yang kita peroleh itu aka ada jalan yang terbuka lebar bagi kita.

 

Softskill itu Penting… June 8, 2008

Filed under: Friends — lucky @ 14:14
Tags:

Tau ga sih, aku baru sadar kalau ternyata ada bedanya antara mahasiswa dengan typical organisatoris (atau mahasiswa yang selalu berkecimpung di dunia organisasi baik itu di internal kampus maupun ekternal kampus) dengan mahasiswa non-organisatoris (atau lebih terkenal dengan sebutan study oriented). Pasalnya selama ini aku selalu berada pada lingkungan organisatoris jadinya bener-bener ga tau apa sebenernya beda antara mahasiswa organisatoris dengan mahasiswa non-organisatoris. Nah, belakangan ini (baca : akhir-akhir ini) aku malah merasakan bagaimana berinteraksi dengan mahasiswa yang tergolong study oriented ini.

Ga terlalu panjang sih ceritanya, hanya saja pengalaman itu membuatku tersadar dengan pernyataan dosen tentang “softskill (attitude) mahasiswa IT Telkom itu sangat kurang sekali”. Awalnya aku bener-bener ga peduli dengan pernyataan tersebut, bahkan tidak pernah terlintas dalam benak saya bahwa ada orang-orang yang seperti itu. Eh, ternyata malah terbukti sendiri di depan mataku, masalahnya kejadiannya langsung terjadi padaku,hehe..

Banyak hal yang kualami, simple nya gini deh orang-orang itu selalu bekerja dengan terburu-buru sehingga menimbulkan banyak kesalahan akibat dari tergesa-gesa dalam menyelesaikan permasalahan serta tidak berfikiran panjang akan dampak yang akan ditimbulkan. Kalau gitu, bisa-bisa kerjaan kita selesai tapi hasilnya ga maksimal, iya ga? hi hi. Selain itu mereka juga tidak terbiasa dalam menyelesaikan sesuatu dengan terstruktur sehingga membuat kewalahan dalam menyelesaikan permasalahan atau tugasnya. Alhasil, banyak kerjaan yang ga jelas udah dikerjain apa belum.hiks..hiks..

Sempet kelimpungan juga menghadapi typikal orang seperti itu, karena mau ga mau aku harus sabar menghadapinya. Awalnya memang sulit untuk beradaptasi, tapi dulu mungkin apabila aku ga ikut organisasi pasti bernasib sama kayak mereka. Pelan-pelan mereka juga bisa belajar karena softskill ini bukan hanya diperlukan sekarang, tetapi diperlukan untuk ke depannya khususnya di dunia kerja.

 

Untukmu…

Filed under: Friends,Poems — lucky @ 13:42
Tags:

Kawan…

Kau yang selalu hadir dalam setiap suka dan duka ku

Kawan…

Kau yang  selalu memberiku semangat ketika aku berada dalam keterpurukan

Kawan…

Kau yang selalu sabar dalam menghadapi segala tingkah ku

Kawan…

Kau yang banyak mengajariku tentang bagaimana menjalani kehidupan

Kawan…

Maafkan aku apabila aku tidah dapat menghiburmu ketika kau bersedih

Kawan…

Ingatlah selalu bahwa hidup ini akan terus berjalan walaupun kita berusaha menghentikannya

Kawan…

Ingatlah selalu bahwa Tuhan akan selalu mempersiapkan segala yang terbaik bagi kita