Manis Pahitnya Kehidupan

“ketika seseorang ingin berubah”

Tahun Barunya Islam December 29, 2008

Filed under: Uncategorized — lucky @ 07:57

Hari ini bertepatan dengan tanggal 1 Muharam 1430 H umat Islam merayakan tahun baru Islam. Walaupun biasanya pada hari ini tak ada ritual kegiatan yang dilakukan untuk memperingati pergantian tahun ini tetapi tetap saja banyak orang yang selalu berharap agar tahun yang baru akan menjadi tahun yang lebih baik lagi.

Tahun baru hijriah ini tak dirayakan semeriah tahun baru masehi, hal ini sudah lumrah terjadi karena memang tahun baru masehi adalah hasil adopsi dari bangsa barat. Wah pengaruhnya teramat sangat kuat sehingga umat mslim juga kadang melupakan tahun baru hijriah dan memperingati tahun baru masehi dengan meriah.

Memang pada saat ini jarang sekali terlihat adanya perayaan yang dilakukan untuk memperingati tahun baru hijriah. Walaupun jarang tetapi masih ada daerah-daerah yang mengadakan acara untuk merayakan pergantian tahun ini dengan kegiatan yang positif.

Apa aja sih bentuk kegiatan yang dilakukan, pasti berbagai macam kegiatan tiap daerah berbeda beda. Tetapi yang saya tahu pasti kebanyakan tahun baru hijriah ini diperingati dengan adanya pengajian yang menghadirkan ustadz ternama untuk memberikan sedikit kajian rohani. Tak jarang ustadz pada akhir kajian memberikan slot waktu untuk bermuhasabah serta memberikan berbagai macam tausiyah untuk melalui tahun baru agar kita menjadi lebih baik lagi.

Itu kegiatan yang biasa dilakukan untuk memperingati pergantian tahun Islam ini, tetapi ada beberapa acara lagi yang biasa dilakukan untuk memperingati tahun baru Islam. Contohnya kegiatan pawai obor, berkeliling tempat sekaligus menyambung tali silaturahni dengan sesama tetangga. Acara yang unik mengingat pada zaman sekarang ini jarang sekali orang-orang kumpul untuk sekedar bersilaturahmi sehingga dengan adanya acara ini tali silaturahmi akan semakin erat.

Wah ternyata tak hanya pergantian tahun masehi saja yang dilakukan dengan mengadakan berbagai kegiatan. Walaupun tak banyak yang mengadakan kegiatan memperingati pergantian tahun hijriah ini yang penting hati kita selalu diberikan kekukatan untuk selalu memperbaharui sikap, perilaku dan ibadah kita agar lebih baik lagi di tahun yang baru ini.

Perayaan tidak selalu menjadi cerminan terhadap keimanan tetapi hati yang bersih akan menjadi cerminan agar keimanan kita pada-Nya semakin membaik. Semoga di tahun yang baru ini hilang segala keburukan yang dilakukan dan bertambah segala kebaikan yang kita lakukan.

Selamat TahunBaru Hijriah

1 Muharam 1430 H

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s