Manis Pahitnya Kehidupan

“ketika seseorang ingin berubah”

Pilih Kualitas atau Harga Murah?? July 9, 2008

Filed under: Cerita Ajah...,Cuap-Cuap Lucky,My Stories — lucky @ 12:36
Tags: , , ,

Waduh memang sulit kalau udah ada pertanyaan “pilih kualitas apa harga murah??”. Emang sulit banget pengennya sih kalau beli barang-barang tuh yang kualitasnya bagus tapi harganya miring. Tapi untuk sekarang ini rasanya merupakan hal yang amat sangat susah kalau kita pengen dapetin barang yang bagus dengan kualitas yang murah. Kalau kita lagi berusaha menawar ama pedagang pastinya jawaban si pedagang tuh gini “harga tuh ga akan bohong deh Neng!”. Kalau udah diomongin gitu ama si pedagang pastinya aku dah kena “skak mat” deh dari usaha menawar barang yang harganya emang rada-rada mahal itu.

Tapi mau gimana lagi, udah beberapa kali aku ngalamin kejadian yang berhubungan dengan dua pilihan di atas, yang mana kejadian itu emang bikin aku sadar bahwa emang harga itu ga bisa bohong. Kualitas barang yang bagus memang bikin kita puas terhadap barang yang kita beli, yah walaupun kita harus mengeluarkan dana yang ekstra lebih.

Sekedar berbagi pengalaman tentang barang yang kualitasnya bagus ama barang yang harganya murah. Ok, kejadian ini emang aku alami kira-kira sebulan yang lalu. Waktu itu ban motorku bocor dan ketika aku bawa ke tambal ban ternyata ban motorku harus diganti. Kemudian terjadilah percakapan antara aku dengan tukang tambal ban.

“Neng mo diganti ama ban yang harganya 20ribu atau yang 27ribu?”

“Bedanya apa pak? dari segi kualitas bagaimana?”

“Sama aja kok Neng sama-sama bagus..”

“Oh ya sudah saya pake yang 20ribu saja”

Ya pikirku saat itu memang cuma pengen irit duit aja, kalau emang kualitasnya sama kenapa ga pilih yang murah aja (pembelaan ceritanya, hehe). Setelah selesai transaksi dan pemasangan selesai aku pulang dan melanjutkan perjalanan. Tetapi selama satu bulan aku memakai motor, sering sekali ban motorku itu bocor entah karena paku atau karena kekurangan angin. Satu kali, dua kali, tiga kali … sampai akhirnya untuk ketujuh kalinya banku bocor dalam waktu yang cukup singkat (kurang lebih satu bulan). Di tukang tambal ban terakhir aku diajak ngobrol oleh si tukang tambal ban.

“Neng ini mah harus diganti bannya”

“Oh begitu ya pak, memangnya kenapa?”

“Ini Neng, ban buatan China memang kayak gini, jelek bahannya cepet bolong dan emang ga tahan lama. Liat aja di ban ini udah ada banyak banget tambalannya.”

“Oh gitu ya pak, ya sudah tolong diganti aja ama ban yang kualitasnya bagus”

Dari situ aku baru sadar bahwa ternyata memang benar harga itu ga bisa bohong, awalnya pengen irit dengan beli ban yang murah taunya mesti nombok juga gara-gara kualitas barang yang emang ga bagus. Pelajaran yang didapet dari kejadian ini yaitu jangan terlalu percaya ama orang trus satu lagi kalau kualitas itu emang lebih penting daripada harga murah. Bisa jadi harga murah kita dapet tapi biaya perawatan yang lebih tinggi tetap aja harus mengeluarkan uang yang ekstra banyak dan ga jarang juga bisa lebih mahal dari barang mahal yang kualitasnya bagus.

 

2 Responses to “Pilih Kualitas atau Harga Murah??”

  1. drfatnan Says:

    Hmm…bingung juga…
    Kalo bisa sih…ya murah…ya kualitasnya bagus (hehehe) ada gak??

  2. lucky Says:

    Sepertinya kalau yang murah tapi kualitas bagus jarang banget ditemui..


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s